PELAJARAN ADALAH KEHIDUPAN, HIDUP UNTUK BELAJAR DAN BELAJAR UNTUK KEHIDUPAN

Minggu, 23 September 2012

Tujuan Hidup

Apa sebenarnya tujuan hidup kita?

Pertanyaan ini bisa beragam jawabannya, tergantung pada apa yang kita kehendaki.
Orang yang ingin hidupnya kaya raya di masa tua, ia akan mati-matian mengumpulkan harta-benda sepanjang masa mudanya.
Orang yang yang ingin jadi raja, ia harus bekerja keras mengalahkan semua musuh-musuhnya sepanjang hayat, sehingga di masa tua tinggal melenggang senang menuju singgasana kerajaan yang didambakannya.

Namun seringkali,

karena begitu fokusnya pada tujuan akhir, sampai-sampai ia melupakan menikmati perjalanan hidup yang begitu indah. Bahkan karena takut kekurangan di masa tua, ia sampai tak berani untuk sekadar berbagi uang receh dengan pengemis sekalipun. Ia juga tak berani makan enak dan berpakaian layak meskipun ia sangat mampu melakukannya. Demi masa tua ia mau hidup susah, makan sedikit, dan berpakaian lusuh.


Begitupun yang ingin jadi raja. Karena begitu menggebunya ambisi dan ketakutan yang buta, ia sambil menumpas semua yang ada karena ia anggap semuanya bisa jadi ancaman. Sampai-sampai ia hidup sendiri tanpa teman yang menemani. Begitukah tujuan hidup yang sebenarnya?

Makna Perjalanan Hidup". Sekadar mengingatkan, di dalam kehidupan manusia, ada sebagian yang sibuk mengumpulkan sesuatu yang menurutnya berharga, tetapi tidak mampu menikmati setiap proses pencapaiannya dan mengabaikan di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar