PELAJARAN ADALAH KEHIDUPAN, HIDUP UNTUK BELAJAR DAN BELAJAR UNTUK KEHIDUPAN

Selasa, 17 Januari 2012

JANGAN SEDIH DENGAN MASA LALU...PIKIRKAN MASA KINI

Adanya perasaan sedih karena masa lalu, karena seringnya mengingat peristiwa yang pernah terjadi yang tidak mungkin untuk di rubah lagi. Ini merupakan suatu kelemahan yang akan menjadikan seseorang merasa terus terbelenggu dan akan menjadikannya lemah dan tak berdaya.

Karena itulah, Rasulullah SAW, melarang kita untuk menyesali hal-hal keduniaan yang terjadi pada masa lalu. Rasulullah juga melarang seseorang mengatakan,
" Seandainya ( tempo hari ) aku melakukan ini, niscaya.....".

Dalam Hadist Rasullah SAW telah menjelaskan,....
Rasulullah SAW bersabda : " Bersungguh-sungguhlah pada hal yang bermanfaat bagimu, dan mintalah pertolongan kepada Allah serta jangan merasa lemah. Bila kau ditimpa sesuatu, janganlah kamu mengatakan, " Seandainya ( tempo hari ) aku melakukan ini, niscaya begini-begini, " Katakanlah, " Allah telah menakdirkan dan apa yang Allah kehendaki maka itu terjadi, " Sesungguhnya kata seandainya akan membuka pintu perbuatan syetan."
{ HR. Muslim }.

Hikmah Hadist :
~ Membimbing seorang muslim agar terus berusaha dan bersungguh-sungguh untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat baginya dan meminta pertolongan dalam hal ini.
~ Bagi yang meminta pertolongan kepada Allah, maka ia tidak akan menjadi lemah.
~ Ada motivasi bagi seorang muslim agar percaya diri untuk meraih kesuksesannya dan tidak berputus asa.
~ Sabar dan Iklas akan apa yang terjadi, karena Allah telah menakdirkan dan apa yang Allah kehendaki maka itu terjadi .
~ Meniadakan rasa sedih, cemas dan keresahan di hati untuk menjadi lebih baik lagi di masa selanjutnya dengan pertolongan Allah.

KATAKANLAH PADA DIRI , '' AKU HIDUP PADA HARI INI. MAKA, MENGAPA AKU HARUS MENCEMASKAN MASA DEPAN ? MENGAPA AKU TERLALU MENCEMASKAN MASA LALU " NIKMATI HARI-HARI YANG AKAN DIJALANI. KERJAKAN APA YANG LEBIH BERMANFAAT.
CURAHKAN SEMUA USAHA DAN KERJAKAN SESUATU YANG MENGANDUNG NILAI KEBAIKAN DAN IBADAH. PASRAHKAN DIRI HANYA KEPADA ALLAH, KARENA ALLAH LEBIH MENGETAHUI APA YANG TERBAIK BAGI HAMBA-NYA.."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar